UJI KOMPETENSI KEAHLIAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Lembar Penilaian
ujian Praktik KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah
Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat
Lunak
Kode : 2134
Alokasi
Waktu : 24 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Judul Tugas :
Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)
Nama
Peserta :
Form Penilaian Aspek Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Metode
|
Jawaban
|
||
Tes
Tulis
|
Tes
Lisan
|
Benar
|
Salah
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Mengidentifikasi
konsep data dan struktur data
|
V
|
|
|
|
Mengidentifikasi
rancangan user interface
|
V
|
|
|
|
Mengidentifikasi
entitas yang terkait dengan lingkup program yang akan dibuat beserta
hubungannya
|
V
|
|
|
|
Menggunakan
metode pengembangan program
|
V
|
|
|
|
Mengidentifikasi
hasil eksekusi
|
|
V
|
|
|
Memilih
tools pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan
|
|
V
|
|
|
Menentukan
target hasil konfigurasi
|
|
V
|
|
|
Memahami
permorgaman terstruktur
|
V
|
|
|
|
Memahami
Pemrograman Berorientasi Objek
|
V
|
|
|
|
Mempersiapkan
perangkat lunak aplikasi data deskripsi/SQL
|
|
V
|
|
|
Menjelaskan
varian dan invarian
|
V
|
|
|
|
Melakukan
identifikasi kode program
|
V
|
|
|
|
Mempersiapkan
kode program
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Pengetahuan
|
|
Catatan :
·
Asesor/Penguji mengembangkan butir tes
pengetahuan berdasarkan Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Bobot penilaian per butir soal ditentukan
oleh asesor/penguji
·
Metode (Tes Tulis / Lisan) dan Jawaban (Benar/Salah)
dituliskan dalam bentuk ceklis (√)
·
Nilai Pengetahuan merupakan hasil pengolahan penskoran jawaban
benar
·
Nilai Pengetahuan berupa bilangan bulat berada pada rentang 0-100
…………, ………………. 2019
Penilai 1/
Penilai 2 *)
Form Penilaian Aspek Keterampilan
No
|
Komponen/Sub Komponen
|
Kompeten
|
Catatan
|
|||
Belum
|
Ya
|
|||||
Cukup
|
Baik
|
Sangat
Baik
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
I
|
Persiapan
|
|||||
1.1
|
Melakukan
Instalasi Software Tools Pemrograman
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Melakukan
Pengaturan Software Tools Pemrograman
|
|
|
|
|
|
1.3
|
Membuat
alur logika pemrograman
|
|
|
|
|
|
|
Rerata capaian kompetensi komponen
Persiapan
|
|
|
|
|
|
II
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
2.1
|
Menerapkan
hasil pemodelan ke dalam pengembangan program
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Menerapkan
struktur data dan akses terhadap struktur data tersebut
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Melakukan
implementasi rancangan user interface
|
|
|
|
|
|
2.4
|
Menggunakan
fitur aplikasi SQL
|
|
|
|
|
|
2.5
|
Membuat
query informasi dasar terhadap
model data yang telah dikembangkan
|
|
|
|
|
|
2.6
|
Menggunakan
tipe data dan control program
|
|
|
|
|
|
2.7
|
Membuat
program sederhana
|
|
|
|
|
|
2.8
|
Mengisi
tabel
|
|
|
|
|
|
2.9
|
Membuat
stored procedure
|
|
|
|
|
|
2.10
|
Menggunakan
prosedur dan fungsi
|
|
|
|
|
|
2.11
|
Membuat
program berorientasi objek dengan memanfaatkan class
|
|
|
|
|
|
|
Rerata capaian kompetensi komponen Proses
|
|
|
|
|
|
III
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Mengeksekusi
source code
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Melakukan
debugging
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Memperbaiki
program
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Membuat
dokumentasi modul program
|
|
|
|
|
|
3.5
|
Membuat
dokumentasi fungsi, prosedur atau method program
|
|
|
|
|
|
|
Rerata capaian kompetensi komponen Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
Capaian kompetensi peserta uji per Sub Komponen
dituliskan dalam bentuk ceklis (√)
·
Rerata Capaian kompetensi peserta uji per
Komponen dituliskan dalam bentuk ceklis
(√)
·
Jika peserta uji dinilai Belum baik pada
salah satu komponen, maka peserta uji diberi kesempatan untuk mengulang
·
Catatan diberikan sebagai keterangan tambahan
unjuk kerja
·
Catatan positif diberikan kepada peserta uji
yang mampu menunjukkan inovasi, efisiensi kerja, dan pemecahan masalah secara
kreatif
·
Catatan negatif diberikan kepada peserta uji
yang mengulangi proses atau unjuk kerja lainnya yang bertentangan dengan
kriteria unjuk kerja
Rekapitulasi Penilaian Aspek Keterampilan
|
Jumlah Catatan
|
Catatan Positif
|
|
Catatan Negatif
|
|
Nilai Tambahan
|
|
Keterangan:
·
Nilai tambahan diberikan berdasarkan penjumlahan dari
catatan positif (bernilai positif) dan catatan negatif (bernilai negatif)
dengan maksimal 10 poin dan minimal -10 poin
|
Tingkat Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Perolehan (Hasil Konversi)
|
Nilai Tambahan
|
Nilai Akhir
Aspek Keterampilan
|
|||
Keterampilan
|
Skor Awal
(pembulatan)
|
||||||
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata (pembulatan)
|
|
|
|
||||
Bobot
|
20%
|
30%
|
50%
|
||||
Nilai Komponen
|
|
|
|
Keterangan:
·
Nilai rata-rata diperoleh dari lembar penilaian (Belum = 0;
Cukup = 1; Baik = 2; Sangat Baik = 3)
·
Bobot ditetapkan secara terpusat dan dapat berubah sesuai persetujuan dengan industri
(dibuktikan dengan berita acara)
·
Nilai Komponen diperoleh dari hasil perkalian Nilai rata-rata dengan Bobot
·
Skor Awal diperoleh dari pembulatan hasil penjumlahan komponen Persiapan, Pelaksanaan, dan Hasil
·
Nilai Perolehan diperoleh dari nilai maksimal hasil konversi
skor awal
·
Nilai Tambahan diperoleh dari rekapitulasi jumlah catatan
dengan maksimal +10 poin dan minimal -10 poin
·
Nilai Akhir diperoleh dari penjumlahan Nilai Perolehan dengan Nilai Tambahan
Tabel Konversi Nilai:
Skor Awal
|
Nilai Konversi
|
Kesimpulan
|
0
|
<61
|
Belum Kompeten
|
1
|
61-70
|
Cukup Kompeten
|
2
|
71-80
|
Kompeten
|
3
|
81-90
|
Sangat Kompeten
|
|
91-100
|
Istimewa
|
Kesimpulan Akhir: Kurang Kompeten/Cukup
Kompeten/Kompeten/Sangat Kompeten/Istimewa*
Nilai Akhir
|
Aspek Pengetahuan
|
Aspek
Keterampilan
|
Nilai Akhir
(pembulatan)
|
Nilai Perolehan
|
|
|
|
Bobot
|
30%
|
70%
|
|
Nilai Komponen
|
|
|
Keterangan:
·
Nilai rata-rata diperoleh dari lembar penilaian
·
Bobot ditetapkan secara terpusat oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan dan bersifat mutlak
·
Nilai Komponen diperoleh dari hasil perkalian Nilai rata-rata dengan Bobot
·
Nilai Akhir berupa bilangan bulat berada pada rentang 0-100
…………, ………………. 2019
Penilai 1/
Penilai 2 *)
*) Coret yang tidak perlu
Form Penilaian Aspek Sikap (Sikap Kerja)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tingkat Pencapaian Kompetensi
|
|||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Sangat
Baik
|
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Kecermatan
|
|
|
|
|
Kerapihan
|
|
|
|
|
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
Ketenangan
|
|
|
|
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
Komunikatif
|
|
|
|
|
Rata-rata pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
Tingkat Pencapaian Kompetensi dituliskan
dalam bentuk ceklis (√)
Kesimpulan : Kurang Baik/Cukup
Baik/Baik/Sangat Baik*
Catatan :
|
|
|
|
…………,
………………. 2019
Penilai 1/
Penilai 2 *)
*) Coret yang tidak perlu
KRITERIA/RUBRIK PENILAIAN UJIAN
Praktik KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah
Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat
Lunak
Kode : 2134
Alokasi
Waktu : 24 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Judul Tugas :
Aplikasi Kasir Restoran (Table Service)
Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan
No.
|
Komponen/Sub Komponen
|
Indikator Penilaian
|
Capaian Kompetensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I
|
Persiapan
|
||
1.1. Melakukan Instalasi Software
Tools Pemrograman
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Platform (lingkungan) yang akan digunakan
untuk menjalankan tools pemrograman diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan.
·
Tools bahasa pemrogram dipilih sesuai
dengan kebutuhaan dan lingkungan pengembangan.
·
Tools pemrogaman ter-install sesuai dengan
prosedur.
·
Tools pemrograman bisa dijalankan di
lingkungan pengembangan yang telah ditetapkan
·
Script (source
code) sederhana dibuat sesuai tools pemrogaman yang di-install
·
Script dapat dijalankan dengan benar dan
menghasilkan keluaran sesuai skenario yang diharapkan
|
|
|
menampilkan 5 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <3 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
1.2. Melakukan Pengaturan Software
Tools Pemrograman
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Target hasil dari konfigurasi ditentukan.
·
Tools pemrograman setelah dikonfigurasikan,
tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya
·
Fitur-fitur dasar yang dibutuhkan untuk
mendukung pembuatan program diidentifikasikan.
·
Fitur-fitur dasar tools untuk pembuatan program dikuasai.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
1.3 Membuat alur logika pemrograman
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Metode yang sesuai ditentukan.
·
Komponen yang dibutuhkan ditentukan.
·
Relasi antar komponen ditetapkan.
·
Alur mulai dan selesai ditetapkan.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
II
|
Pelaksanaan
|
||
2.1. Menerapkan hasil pemodelan ke dalam pengembangan program
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Diagram program dengan metodologi
pengembangan sistem didefinisikan.
·
Metode pemodelan, diagram objek dan diagram
komponen digunakan pada implementasi program sesuai dengan spesifikasi
·
Hasil pemodelan yang mendukung kemampuan
metodologi dipilih sesuai spesifikasi.
·
Hasil pemrograman (Integrated Development Environment-IDE) yang mendukung kemampuan
metodologi bahasa pemrograman dipilih sesuai spesifikasi.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.2. Menerapkan struktur data dan akses terhadap struktur data tersebut
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Konsep data dan struktur data diidentifikasi
sesuai dengan konteks permasalahan.
·
Alternatif struktur data dibandingkan
kelebihan dan kekurangannya untuk konteks permasalahan yang diselesaikan.
·
Struktur data diimplementasikan sesuai
dengan bahasa pemrograman yang akan dipergunakan.
·
Akses terhadap data dinyatakan dalam
algoritma yang efisiensi sesuai bahasa pemrograman yang akan dipakai.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.3. Melakukan implementasi rancangan user
interface
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Menu program sesuai dengan rancangan
program diterapkan.
·
Penempatan user interface dialog diatur secara sekuensial.
·
Setting aktif-pasif komponen user interface
dialog disesuaikan dengan urutan alur proses.
·
Bentuk style
dari komponen user interface ditentukan.
·
Penerapan simulasi dijadikan suatu proses
yang sesungguhnya.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.4. Menggunakan fitur aplikasi SQL
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Perangkat lunak aplikasi SQL telahdipasang.
·
Perangkat lunak aplikasi SQL dijalankan.
·
Fitur pengolahan DML diidentifikasikan.
·
Fitur pengolahan DML dieksekusi sesuai kebutuhan.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.5. Membuat query informasi dasar terhadap model data yang telah
dikembangkan
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Entitas yang menggambarkan sistem yang
dibuat dapat diidentifikasikan sesuai dokumen perancangan.
·
Berbagai diagram dapat dibuat dari entity yang telah didefinisikan.
·
Informasi yang diperlukan oleh aplikasi
dapat dihasilkan dengan efisien dari model yang dibuat.
·
Diagram berdasar entitas dan hubungan yang
telah diidentifikasi dapat diimplementasikan menggunakan tools yang ada.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.6. Menggunakan tipe data dan control
program
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Tipe data yang sesuai standar ditentukan.
·
Syntax program yang dikuasai digunakan sesuai
standar.
·
Struktur kontrol program yang dikuasai
digunakan sesuai standar.
|
|
|
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
tidak menampilkan kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.7. Membuat program sederhana
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Program baca tulis untuk memasukkan data
dari keyboard dan menampilkan ke
layar monitor termasuk variasinya sesuai standar masukan/keluaran telah
dibuat.
·
Struktur kontrol percabangan dan
pengulangan dalam membuat program telah digunakan.
|
|
|
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
tidak menampilkan kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.8. Mengisi tabel
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Tabel diisi data menggunakan perintah DML.
·
Indeks dibangkitkan.
·
View tabel dibentuk sesuai kebutuhan.
|
|
|
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
tidak menampilkan kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.9. Membuat stored procedure
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Stored Procedure dibuat dengan perintah SQL.
·
Prosedur diuji diperiksa input dan
outputnya.
|
|
|
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
tidak menampilkan kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.10. Menggunakan prosedur dan fungsi
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Program dengan menggunakan prosedur dibuat
sesuai aturan penulisan program.
·
Program dengan menggunakan fungsi dibuat
sesuai aturan penulisan program.
·
Program dengan menggunakan prosedur dan
fungsi secara bersamaan dibuat sesuai aturan penulisan program.
·
Keterangan untuk setiap prosedur dan fungsi
telah diberikan.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
2.11. Membuat program berorientasi objek dengan memanfaatkan class
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Program dengan menggunakan class dibuat.
·
Properti class yang akan direalisasikan dalam bentuk prosedur/fungsi
dibuat.
·
Data didalam class dibuat mandiri.
·
Hak akses dari tipe data (private, protected, public) dikelola.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk kerja
|
Belum
|
||
III
|
Hasil
|
||
3.1 Mengeksekusi source code
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Source code dieksekusi sesuai dengan mekanisme
eksekusi source code dari tools pemrograman yang digunakan.
·
Perbedaan antara running, debugging, atau
membuat executable file
diidentifikasi.
·
Source code berhasil dieksekusi sesuai skenario yang
direncanakan.
·
Jika eksekusi source code gagal/Belum berhasil, sumber permasalahan
diidentifikasi.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk hasil kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk hasil kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Belum
|
||
3.2 Melakukan debugging
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Kode program dikompilasi sesuai bahasa
pemrograman yang digunakan.
·
Kriteria lulus build dianalisis.
·
Kriteria eksekusi aplikasi dianalisis.
·
Kode kesalahan dicatat.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk hasil kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk hasil kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Belum
|
||
3.3 Memperbaiki program
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Perbaikan terhadap kesalahan kompilasi
maupun build dirumuskan.
·
Perbaikan dilakukan.
|
|
|
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja dengan sempurna
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk hasil kerja
|
Cukup Baik
|
||
Tidak menampilkan kriteria unjuk hasil kerja
|
Belum
|
||
3.4 Membuat dokumentasi modul program
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Dokumentasi modul dibuat sesuai dengan
identitas untuk memudahkan pelacakan
·
Identifikasi dokumentasi diterapkan
·
Kegunaan modul dijelaskan
·
Dokumen direvisi sesuai perubahan kode
program
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk hasil kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk hasil kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Belum
|
||
3.5 Membuat dokumentasi fungsi, prosedur atau method program
|
Kriteria unjuk kerja:
·
Dokumentasi fungsi, prosedur atau metod
dibuat
·
Kemungkinan eksepsi dijelaskan
·
Dokumen direvisi sesuai perubahan kode
program
|
|
|
menampilkan 3 kriteria unjuk hasil kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk hasil kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 1 kriteria unjuk hasil kerja
|
Cukup Baik
|
||
tidak menampilkan kriteria unjuk hasil kerja
|
Belum
|
Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No.
|
Komponen/Sub Komponen
|
Indikator Penilaian
|
Tingkat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kecermatan
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Membaca soal dan bekerja dengan teliti.
·
Bekerja sesuai kaidah keselamatan alat dan
manusia .
·
Bekerja sesuai kaidah keselamatan data dan
sytem.
·
Tanda-tanda/simbol keselamatan dikenali dan
diikuti sesuai instruksi.
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
||
Kerapihan
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Kerja dilaksanakan dengan aman sesuai
prosedur.
·
Semua perlengkapan dan alat-alat
keselamatan digunakan sesuai dengan kegunaannya.
·
Menjaga kebersihan dan kerapihan meja kerja
seKurang, selama, dan sesudah melakukan pekerjaan.
·
Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai
dengan tempatnya pada kondisi semula.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
||
Kedisiplinan
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Datang kelokasi ujian tepat waktu.
·
Mematuhi aturan selama melaksanakan ujian.
·
Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan
target kualitas.
·
Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan
target waktu.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
||
Ketenangan
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Kurang tergesa-gesa dalam menyelesaikan
pekerjaan.
·
Konsentrasi menyelesaikan pekerjaan
·
Kurang menimbulkan kegaduhan dalam
menyelesaikan pekerjaan.
·
Mengoreksi kembali hasil pekerjaan.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
||
Tanggung Jawab
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Alat dan bahan dikembalikan secara utuh
·
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
·
Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan
target kualitas
·
Meminta maaf bila melakukan kesalahaan
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
||
Komunikatif
|
Kriteria unjuk sikap kerja:
·
Berkomunikasi menggunakan bahasa baik
dengan penguji dan peserta ujian yang lain.
·
Berkomunikasi secara sopan dan santun
dengan penguji dan peserta ujian yang lain.
·
Berkomunikasi secara jujur dengan penguji
dan peserta ujian yang lain.
·
Menjawab pertanyaan dengan singkat padat
dan jelas.
|
|
|
menampilkan 4 kriteria unjuk sikap kerja
|
Sangat Baik
|
||
menampilkan 3 kriteria unjuk sikap kerja
|
Baik
|
||
menampilkan 2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Cukup Baik
|
||
menampilkan <2 kriteria unjuk sikap kerja
|
Kurang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar